Minggu, 10 Oktober 2010

Foto Cantik Pantai Balikpapan





Foto ini diambil di Pantai Polda Balikpapan, ba'da ashar atau sekitar jam setengah lima sore. Pantainya cantik kan...?? Alasan ngambil gambar ini karena ngeliat warna kontras antara birunya langit dengan kuningnya boat yang lagi parkir itu tuh... Dan di kejauhan sana ada deretan resto-resto pinggir pantai dengan dermaga dan pemecah ombak. Sedangkan bangunan yang belum jadi itu seingat saya adalah komplek perkantoran dan apartemen di daerah Pasar Baru Square.Bagaimana hasilnya? Lumayankan buat newbie yang lagi belajar foto, biar nanti kalo udah punya kamera pro beneran, udah mahir duluan (aamiin....aamiin..aamiin). Kapan yaa punya kamera ;) karena foto ini cuma diambil dari hp dengan kamera 3,25 MP :D


Nah, kalau foto sebelumnya diambil dari sisi kiri atau arah timur tempat saya berdiri, sedangkan yang ini diambil tepat di tengah-tengah atau arah selatan, di depan saya berdiri. Coba perhatikan tekstur yang terbentuk oleh awan sirrus berlatar langit biru cerah. Cantik nian kaaan?? Sayang sekali laut Balikpapan tidak terlihat biru atau hijau menawan seperti pantai-pantai di Bali, Hawaii atau pantai-pantai Mesir. Laut di sini terlihat lebih pucat dengan warna biru keabu-abuan, atau hijau keabu-abuan.

Banyak faktor tentang hal ini, bisa jadi karena laut Balikpapan merupakan teluk yang tidak terlalu dalam di mana kedalaman juga relatif berpengaruh terhadap warna laut. Atau rendahnya kadar garam dan phytoplankton yang terkandung di dalamnya. Kadar garam dan mineral yang semakin tinggi membuat laut semakin berwarna biru karena mampu membiaskan cahaya matahari lebih panjang lagi dan menghasilkan warna biru. Demikian juga jumlah phytoplankton yang ada mampu menyerap lebih banyak cahaya matahari dan memantulkan cahaya hijau sehingga laut terlihat hijau. Namun jika banyak terkandung jenis ekosistem yang menyerap mineral laut maka akan mengurangi kadar garam sehingga berpengaruh pada warna laut. Kebetulan, di pantai ini banyak terdapat ganggang laut terutama jika kita berenang agak jauh ke tengah (di pinggir sih memang tidak terlihat ada ganggang nyangkut :P). Faktor berikutnya, warna dasar laut juga mempengaruhi warna laut, demikian pula dengan tingkat kecerahan cuaca. Sisanya, saya butuh masukan dari yang ahlinya boleh yaaa... :)

Hmm.... balik lagi ke foto kita hari ini, di tengah-tengah bisa kita llihat ada tongkang penarik batu bara. Yaa... Teluk Balikpapan memang terkenal sebagai lalu lintas industri dan gerbang distribusi segala yang masuk atau keluar Kalimantan Timur. Batu bara, minyak, sayur mayur, buah-buahan, turis domestik/mancanegara, semuanya lewat sini dulu yaaa.... Hmmm.... nanti kalau saya punya kamera, saya mau capture tuh rig-rig yang bertebaran di segala penjuru di Teluk ini, hehe.. semoga.


Sedangkan foto yang ini, masih dari tempat dan waktu yang sama, diambil dari sisi kanan saya berdiri. Terlihat dominasi awan kelabu dari arah barat. Dari awan cirrus yang tersebar dari arah timur, di sini mulai tersebar awan cumulus hingga cumulunimbus yang siap menumpahkan hujan. Namun jika diperkirakan, awan-awan itu bergerak ke arah Penajam di seberang Teluk Balikpapan (garis tebal di horizon) yang daerah-daerah seterusnya merupakan perbatasan antara Kalimantan Timur dan Selatan. Buktinya ketika kami pulang, tepi barat Balikpapan masih bermandikan hangat mentari senja.

Indah kan pantai kita? Dengan pasir lembut berwarna krim, dan garis pantai halus yang direnda oleh riak-riak ombak kecil, dan tentu saja, dibingkai oleh langit biru khas khatulistiwa. :)

adrie and faiz daisy path

Daisypath Anniversary tickers